Jualan di Facebook Ads Ternyata Menjanjikan! Simak 10 Fakta Ini!

Jualan di Facebook Ads Ternyata Menjanjikan! Simak 10 Fakta Ini!

Posted on

KontenBisnis.com – Jualan di Facebook Ads bisa langsung laris, siapa si yang tidak ngiler? Bayangkan, hanya bermodalkan 1,5 juta, omzet bisa tembus hingga 15 juta? Simak dulu fakta tentang cara jualan di Facebook Ads berikut ini!

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah jasa periklanan yang disediakan oleh Facebook. Kata “Ads” merupakan kependekan dari Advertising yang dalam bahasa Indonesia artinya iklan.

Ketika Anda sedang membuka Facebook dan menemukan akun yang di bawahnya ada tulisan “Bersponsor”, maka akun tersebut sedang beriklan menggunakan Facebook Ads.

Seperti ini contohnya :

Jangan Buru-buru Jualan di Facebook Ads Sebelum Tahu 10 Fakta Ini

Cara Kerja Facebook Ads

Secara sederhana, cara kerja Facebook Ads adalah sebagai berikut :

  • Anda meminta Facebook untuk mengiklankan produk Anda.
  • Naskah iklan, baik tulisan, gambar maupun video, disediakan Anda.
  • Facebook mengiklankan ke target market yang Anda pilih.
  • Anda membayar sejumlah uang kepada Facebook atas jasa itu.

10 Fakta Jualan di Facebook Ads yang Wajib Anda Ketahui

Benarkah beriklan di Facebook Ads menjanjikan untung yang besar? Ya benar! Ini tidak salah, nyatanya banyak yang sukses gara-gara menggunakan Facebook Ads.

Tapi ingat. Sebaliknya, banyak juga yang boncos (rugi) gara-gara cara jualan di Facebook Ads yang belum benar.

Umumnya, kasus semacam ini dialami oleh pemula yang “nanggung” dalam beriklan.

Nanggung seperti apa maksudnya?

  • Pertama, pola pikir (mindset) terhadap iklan yang masih sempit.
  • Kedua, ilmu tentang Facebook Ads yang belum sempurna.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika nantinya Anda beriklan di Facebook Ads, coba pahami fakta-fakta penting berikut ini.

Berikut adalah jualan di Facebook Ads yang harus Anda ketahui faktanya :

1. Menggunakan Fanpage

Agar bisa beriklan di Facebook Ads, Anda harus membuat halaman (fanpage Facebook) terlebih dahulu. Ini hukumnya wajib.

Mengapa begitu?  Karena naskah iklan yang nantinya disebarluaskan oleh Facebook, berasal dari postingan di Fanpage Anda.

Tips :

Sebisa mungkin, Fanpage yang Anda buat harus profesional. Baik profil (logo), sampul, informasi, dan sebagainya. Ini untuk menjaga kepercayaan calon pembeli terhadap produk Anda.

2. Punya Kartu Kredit

Untuk melakukan transaksi pembayaran iklan, Facebook mewajibkan Anda menggunakan kartu kredit. Ini adalah metode yang dijamin berhasil.

Beberapa memang ada yang bisa menggunakan kartu debit, namun tidak sedikit yang mengeluh karena tidak berhasil.

Tips :

Gunakan kartu Jenius dari Bank Bank BTPN untuk melakukan pembayaran Facebook Ads. Kartu Jenius merupakan kartu debit yang juga berfungsi sebagai kartu kredit. Ini sudah terbukti berhasil.

3. Mengeluarkan Uang

Untuk mengiklankan di Facebook Ads, tentu saja Anda harus punya uang yang tersimpan di rekening. Nantinya, Anda bisa transfer dari bank manapun ke BTPN Jenius.

Soal berupa jumlahnya, itu bebas. Tapi, Facebook memperbolehkan angka minimal Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah) untuk satu hari.

Tapi pada prinsipnya, semakin besar uang yang dianggarkan, semakin besar (luas) pula jumlah penonton iklan Anda.

Tips :

Jika Anda pemula dan belum mahir beriklan di Facebook, ada baiknya menggunakan biaya paling rendah terlebih dahulu sambil belajar bagaimana suatu iklan itu bekerja.

4. Memiliki Website

Ketika iklan Anda diklik/disentuh, nantinya akan masuk halaman website. Di sanalah, keputusan seseorang untuk membeli akan dipertaruhkan.

Apa artinya? Isi (konten) dari halaman website harus benar-benar menghipnotis dan mampu mempengaruhi psikologi seseorang untuk mau membeli.

Di bagian akhir halaman website, harus disediakan kontak Anda yang nantinya dapat dihubungi. Jika seseorang tertarik, bisa langsung klik dan akan terhubung dengan Anda.

Tips :

Halaman website yang berfungsi untuk mempengaruhi orang untuk membeli sering disebut dengan landing page. Anda bisa membuat sendiri dengan modal dibawah Rp500.000 atau memesan kepada developer dengan harga di atas Rp1.000.000.

5. Punya Akun Bisnis

Beriklan di Facebook Ads dapat dilakukan dengan akun pribadi, tapi fitur-fiturnya sangat terbatas. Akan lebih lengkap jika Anda menggunakan akun bisnis atau Facebook Business Manager.

Tips :

Fitur di Facebook Business Manager lumayan kompleks. Bagi pemula, Anda harus mempelajari satu per satu. Mulai dari fungsinya, laju sistemnya, hingga pelaporannya.

6. Siap-siap Boncos Ketika Jualan di Facebook Ads

Bayangkan ketika Anda melihat iklan minuman segar di televisi tapi merupakan produk baru. Apakah setelah melihat iklan itu Anda langsung membeli? Kemungkinan tidak.

Sekarang, bayangkan jika Anda sendiri yang mengiklankan produk minuman segar itu. Apakah di awal-awal beriklan akan merugi (boncos). Kemungkinan iya.

Tapi, setelah iklan itu muncul berkali-kali dan si produk minuman itu mulai dikenal, maka kemungkinan besar akan banyak orang yang membeli.

Apa maksudnya? Itulah pola pikir (mindset) tentang iklan. Di awal-awal beriklan, Anda harus rela boncos dulu. Setelah mulai dikenal, barulah memetik hasilnya.

Tips :

Jangan berharap lebih ketika awal-awal mengiklankan produk Anda di Facebook Ads. Pelajari dulu caranya, sistemnya, polanya, barulah lakukan pembenahan sana-sini. Mainan iklan berarti mainan duit, Anda harus siap lahir batin atas segala resikonya.

7. Mengetahui Teknik Copywriting

Copywriting adalah proses membuat naskah iklan yang mampu mempengaruhi seseorang untuk membeli produk yang diiklankan.

Naskah iklan yang bagus dan menggigit, akan memicu seeorang untuk ngeklik. Sementara,  naskah yang jelek dan tidak menarik, akan sulit membuat orang mau ngeklik.

Di sinilah, ketika Anda tertarik dengan Facebook Ads, Anda juga harus tertarik untuk belajar copywriting.

Sebelumnya, kami sudah sempat mengupas materi tentang copywriting.

Tips :

Untuk membuat copywriting yang menarik, cobalah membaca materi yang sudah kami siapkan linknya di bagian akhir atikel ini. Semangat!

8. Memahami Strategi Funneling

Tujuan beriklan di Facebook Ads itu bermacam-macam, tidak hanya untuk mendapatkan penjualan (closing) seketika itu juga.

Tetapi, mengiklankan di Facebook Ads juga ada yang bertujuan untuk mendapatkan database (nomor WhatsApp, Telegram, alamat email, dan lain-lain), dari orang-orang yang belum mau membeli.

Nantinya, orang-orang itu akan dihubungi lagi oleh Anda. Harapannya ketika sudah siap, mereka akan membeli. Bagi yang sudah membeli, juga akan dihubungi agar membeli lagi.

Nah, teknik yang digunakan untuk tujuan semacam itu disebut dengan Strategi Funneling.

Tips :

Gambaran singkat tentang penggunaan database dan strategi funelling, dapat Anda pahami dengan membaca materi yang sudah kami siapkan di sini.

9. Wajib Kursus Facebook Ads

Karena beriklan di Facebook Ads memerlukan keahlian khusus dan tidak bisa dilakukan dengan cara singkat, kami menganjurkan Anda untuk mengikuti pelatihan atau kursus.

Jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa mengikuti kursus online yang ditawarkan oleh para ahli Facebook Ads.

Tapi jangan heran, jika biaya yang harus Anda keluarkan untuk kursus tidak murah. Sekalipun ada beberapa yang murah, biasanya Anda masih tetap penasaran.

Tips :

Jika Anda benar-benar masih awam dengan Facebook Ads, sebaiknya Anda mengikuti kursus online yang memang dikhususkan untuk pemula. Silahkan klik tombol “Ikut Kursus” di bawah ini :

10. Siap-siap Banjir Order

Usaha keras, biaya besar yang disertai doa, semestinya tidak akan mengkhianati hasil. Jika sudah tiba saatnya, rejeki akan membanjiri rekening Anda.

Ketika sudah seperti ini, Anda harus bersiap-siap menyambutnya dengan riang gembira dan terus-menerus meningkatkan kualitas, baik produk maupun pelayanan Anda.

Tips :

Jika orderan sudah mulai banyak, mulailah berpikir untuk merekrut karyawan. Posisi paling penting yang harus dipenuhi adalah bagian customer service (CS) yang bertugas menerima pesan dari calon pembeli.

Simpulan

Jualan di di Facebook Ads merupkan cara untuk meningkatkan penjualan produk agar semakin laris dan banjir orderan. Kendati demikian, untuk mencapai impian tersebut, di awal-awal Anda harus mau berinvestasi dan siap dengan segala tantangan yang muncul.

Pada bagian selanjutnya, selain jualan di Facebook, kita akan membahas peluang jualan di Instagram yang sekarang sedang hot-hotnya! Silahkan pilih “Baca Materi Selanjutnya” berikut ini :

4 comments

    1. Terima kasih kak Fariz sudah berkenan berkunjung ke blog kami. Mohon berkenan membagikan artikel ini ke sosmed kakak ya? Semoga, menjadi ilmu bermanfaat yang terus menerus membawa kebaikan dan keberkahan. Salam UMKM Mandiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *